Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.001.01
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 30 Jam x
45 menit
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
PC STAND ALONE
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Mengoperasikan sistem operasi basis teks
|
Indikator
|
·
Sistem
komputer dijelaskan dengan rinci
·
Sistem
dinyalakan sesuai dengan prosedur yang benar.
·
Indikator
keberhasilan sistem ditampilkan pada layar monitor
·
Perintah
perintah sistem operasi siap dijalankan
·
Perintah
membuat folder, melihat, mengubah dan menghapus dijalankan sesuai dengan
ketentuan
·
Perintah
menyalin, menghapus, dan memindahkan file dilakukan dengan baik
·
Perintah
untuk membuat, menghapus, memperbaharui file konfigurasi sistem dibuat secara
benar
·
Prosedur
shut down sistem dilakukan secara benar
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
· Melakukan prosedur penyalaan komputer secara benar.
· Melakukan perintah-perintah internal dengan penulisan
yang benar.
·
Melakukan perintah-perintah eksternal dengan
penulisan yang benar.
· Menjelaskan jenis-jenis perangkat keras yang
dikonfigurasi dengan menggunakan sistem operasi berbasis teks.
· Melakukan Prosedur shut down sesuai dengan SOP.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem operasi berbasis teks :
·
Sistem
Komputer
·
Prosedur
penyalaan komputer
·
Identifikasi
POST
- suara
- tampilan
·
Internal
Command
·
Eksternal
Command
·
Prosedur
shut down
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
· Menjelaskan sistem komputer (input,proses,output,
storage), hardware, software singkat dan
jelas.
· Menjelaskan dan melakukan prosedur penyalaan komputer
secara benar
· Mengidentifikasikan kondisi komputer yang siap dengan
melihat tampilan pada layar monitor dengan teliti
· Menjelasakan dan melakukan perintah-perintah internal
dengan penulisan yang benar.
·
Menjelaskan dan melakukan perintah-perintah
eksternal dengan penulisan yang benar
· Menjelaskan fungsi file konfigurasi pada sistem komputer
(batch, config file)
· Menjelaskan jenis-jenis perangkat keras yang
dikonfigurasi dengan menggunakan sistem operasi berbasis teks
· Melakukan Prosedur shut down sesuai dengan SOP
E. SUMBER BELAJAR :
·
Modul
KKPI TIK Dikmenjur 2005
·
Komputer
·
UPS
·
Internet
·
Buku
DOS
·
System
Operasi DOS
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1. Sebutkan langkah (prosedur) mematikan komputer secara benar!
2. Sebutkan beberapa alat yang termasuk input device?
3. Sebutkan 5 perintah internal DOS dan berikan contoh penulisannya!
4. Sebutkan 5 perintah eksternal DOS dan berikan contoh penulisannya!
5. Apa saja fungsi dari file COMMAND.COM?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan input, proses dan output, sistem operasi, perintah internal
dan eksternal DOS.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
PC STAND ALONE
|
Kompetensi
Dasar
|
2.
Mengoperasikan sistem operasi basis GUI (Graphical User Interface)
|
Indikator
|
·
Pointing device (seperti mouse) dijelaskan secara
benar.
·
Mouse digunakan untuk melakukan perintah pengelolaan
file dan folder, seperti melihat isi folder, membuat, mengubah, menghapus,
mengganti nama file/ folder, menyalin/ memindahkan folder danmenyalin/
memindahkan file dari suatu folder ke lokasi lain.
·
Pointing device dengan cara “point & click” maupun
“click & drag” dilakukan pada lingkungan GUI.
·
Pengelolaan sistem manajemen
menu tampilan, icon dan tampilan utama dilakukan dengan benar.
·
Device input output diinstalasi
pada sistem dengan cermat dan teliti.
·
Program pada sistem operasi
berbasis GUI dibuka dan ditutup sesuai prosedur.
·
Proses shut down dilakukan secara
benar sesuai dengan SOP.
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Menggunakan peralatan peralatan pointing device sesuai dengan kebutuhan.
- Melakukan prosedur membuat,menyalin, mengubah dan menghapus file baik satu persatu, kelompok dan menyeluruh.
- Melakukan prosedur membuat,menyalin, mengubah folder baik satu persatu, kelompok dan menyeluruh.
- Melakukan pengaturan tampilan kerja
- Melakukan prosedur untuk mengelola menu, icon dan tampilan utama.
- Melakukan prosedur instalasi printer, scaner, kartu jaringan.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Sistem Operasi berbasis GUI :
- Pengetahuan peralatan pointing device.
- Membuat, menyalin, mengubah dan menghapus file satu persatu, kelompok dan seluruh.
- Membuat, menyalin, mengubah dan menghapus folder satu persatu, kelompok dan seluruh.
- Pengaturan tampilan window sesuai dengan kebutuhan.
- Perintah-perintah untuk mengelola menu, icon dan tampilan utama.
- Install printer, scanner, kartu jaringan,
- Prosedur shutdown komputer.
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan jenis-jenis piranti pointing device.
- Menggunakan peralatan peralatan pointing device sesuai dengan kebutuhan.
- Menjelaskan dan melakukan prosedur membuat,menyalin, mengubah dan menghapus file baik satu persatu, kelompok dan menyeluruh.
- Menjelaskan dan melakukan prosedur membuat,menyalin, mengubah folder baik satu persatu, kelompok dan menyeluruh.
- Menjelaskan dan melakukan pengaturan tampilan kerja
- Menjelaskan dan melakukan prosedur untuk mengelola menu, icon dan tampilan utama.
- Menjelaskan dan melakukan prosedur instalasi printer, scaner, kartu jaringan.
- Menjelaskan dan melakukan prosedur shutdown.
E. SUMBER BELAJAR :
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Windows
- Internet
- Komputer
- UPS
- Printer
- System Operasi Windows
- System Operasi Linux
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1. Apa
fungsi dari Windows Explorer?
2. Sebutkan apa yang dimaksud drag and drop?
3. Sebutkan langkah-langkah mengcopy beberapa file dari CD ke folder My
Document!
4. Bagaimana langkah-langkah mengubah Window Appearance?
5. Apa yang dimaksud dengan Screen Saver, dan apa manfaatnya?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan menginstal hardware dan peripheral, mengelola file di
Windows, mengubah tampilan menu, icon dan tampilan di Windows.
|
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.002.01
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 84 Jam x
45 menit
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menginstal
sistem operasi softrware
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan fungsi software sistem operasi.
- Melakukan langkah-langkah instalasi software sistem operasi.
- Menjelaskan fungsi software aplikasi.
- Melakukan langkah-langkah instalasi software aplikasi.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Menginstal Sistem Operasi dan Program Aplikasi :
- Fungsi software:
- sistem operasi
- aplikasi
- Cara menginstal software :
- sistem operasi
- aplikasi
- Cara mengoperasikan software :
- sistem operasi
- aplikasi
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Mempersiapkan software dan komputer yang akan diinstal.
- Menjelaskan fungsi software sistem operasi.
- Menjelaskan langkah-langkah instalasi software sistem operasi.
- Menginstal software sistem operasi.
- Mengoperasikan software sistem operasi.
- Menjelaskan fungsi software aplikasi.
- Menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi.
- Menginstal software aplikasi.
- Mengoperasikan software aplikasi.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Panduan Instalasi sistem operasi dan program aplikasi
- SOP instalasi software
- Internet
- Komputer
- Software
- Menu Help
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Apa saja yang
membedakan antara sistem operasi Windows 98 dengan Windows 2000?
2.
Apa saja keunggulan
Windows 2000 dibandingkan dengan Windows 98?
3.
Sebutkan secara garis
besar langkah-langkah menginstal Windows 98!
4.
Sebutkan
software-software aplikasi paket dari Microsoft Office!
5.
Sebutkan beberapa
software utilitas!
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan menginstal software sistem operasi dan software aplikasi.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi
Dasar
|
2. Mengoperasikan
software pengolah kata
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Membuka dan menutup software pengolah kata.
- Menggunakan menu-menu yang ada di dalam software pengolah kata.
- Menggunakan icon-icon yang ada di toolbar software pengolah kata.
- Membuat, mengedit, memformat dan memanipulasi dokumen pengolah kata.
- Mencetak dokumen hasil kerja software pengolah kata.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Aplikasi Software Pengolah Kata :
- Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software pengolah kata
- Membuat, membuka dan menyimpan file document
- Pengolahan dan pengaturan, serta isian berulang pada file document
- Pencetakan file document
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan fungsi software pengolah kata.
- Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software pengolah kata sesuai SOP.
- Mengoperasikan melalui menu, shortcut atau icon pada berbagai software pengolah kata dengan cermat misalnya : Microsoft Word (Microsoft Office), Text Document (Star Office), Witer (Open Office).
- Membuat file dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, menyimpan dengan nama lain dengan menggunakan berbagai program aplikasi pengolah kata.
- Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file dokumen sesuai prosedur.
- Menyimpan file dokumen baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxw (Text Document), doc (Ms Word), rtf (Rich Text Format), txt (Plain text), odt (Open Document), html (Web page).
- Menjelaskan dan melakukan pengolahan dan pengaturan pada file dokumen menggunakan perintah-perintah font, text aligment, bullet and numbering, border and shading, page break, coulumn, page setup, paragraf, format painter, header and footer, edit, paste, cut, mail merge.
- Menjelaskan langkah-langkah perintah cetak file dokumen dengan benar.
- Megoperasikan perintah-perintah pencetakan seperti print setup dan print preview serta menyesuaikan parameter kertas dgn printer.
- Mengoperasikan perintah cetak pada software pengolah untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang sedang aktif/diedit.
- Mencetak file dokumen.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Panduan Pengoperasian software pengolah kata
- Internet
- Personal Komputer
- Software Aplikasi Pengolah kata
- Menu Help
- Printer
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Sebutkan 3 cara menyimpan file di MS Word!
2.
Apa manfaat fitur Mail Merge di MS Word?
3.
Sebutkan langkah-langkah
menyisipkan nomor halaman!
4.
Sebutkan cara
menyisipkan sebuah gambar dan cara peletakan gambar tersebut di MS Word!
5.
Apa yang dimaksud
dengan Bullets and Numbering?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang berkaitan dengan
mengolah dokumen di dalam software pengolah kata.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi
Dasar
|
3. Mengoperasikan
software spread sheet
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Membuka dan menutup software spreadsheet.
- Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheet dengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet.
- Melakukan pengolahan dan pengaturan file spreadsheet pada cell (kolom dan baris) menggunakan fitur-fitur numbering (number, currency, date, time dll ), font, alignment, border, background, protection, merge and center, copy, paste, cut.
- Mengaplikasikan fungsi dan formula sederhana seperti : + (penjumlahan), - (pengurangan), *(perkalian), /(pembagian), sum, average pada file spreadsheet.
- Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software spreadsheet.
- Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet dengan parameter untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang aktif/diedit.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Aplikasi Software Spreadsheet
:
- Pengenalan software aplikasi dan menu-menu software spreadsheet.
- Membuat, membuka dan menyimpan file spreadsheet.
- Pengolahan data sederharna yang terdapat pada cell (kolom dan baris), serta isian berulang pada spreadsheet.
- Pencetakan file spreadsheet.
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan fungsi software spreadsheet.
- Menjelaskan fungsi menu-menu software spreadsheet.
- Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software spreadsheet.
- Mengoperasikan berbagai software spreadsheet misalnya : Microsoft Excel (Microsoft Office), Spreadsheet (Star Office), Calc (Open Office).
- Membuat, membuka, menyimpan, menyimpan dengan nama lain sebuah spreadsheet dengan menggunakan berbagai program aplikasi spreadsheet.
- Menjelaskan langkah-langkah menyimpan file spreadsheet.
- Menyimpan file spreadsheet baru atau file nama lain dengan berbagai format penyimpanan secara teliti, misalnya : sxc, ods, csv, xls, html.
- Menjelaskan langkah-langkah pengolahan dan pengaturan data sederhana.
- Melakukan pengolahan dan pengaturan file spreadsheet pada cell (kolom dan baris) menggunakan fitur-fitur numbering (number, currency,date, time dll ), font, alignment, border, background, protection, merge and center, copy, paste, cut.
- Mengapilkasikan fungsi dan formula sederhana seperti : + (penjumlahan), -(pengurangan), *(perkalian), /(pembagian), sum, average pada file spreadsheet.
- Menjelaskan fungsi perintah cetak pada software spreadsheet.
- Melakukan perintahperintah Setting pencetakan seperti print setup dan print preview, print area.
- Mengoperasikan perintah cetak pada software spreadsheet dengan parameter untuk mencetak semua halaman, halaman tertentu, halaman yang aktif/diedit.
- Mencetak file spreadsheet.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Panduan Pengoperasian software spreadsheet (Lembar Sebar)
- Internet
- Personal Komputer
- Software Aplikasi spreadsheet
- Menu Help
- Printer
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Apa fungsi formula SUM
dan AVERAGE, dan beri contoh masing-masing penulisannya yang benar?
2.
Apa yang dimaksud
dengan Sort Ascending dan Sort Descending?
3.
Sebutkan contoh
penulisan rumus perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan!
4.
Ada berapa langkah
mudah membuat grafik, sebutkan garis besarnya saja?
5.
Sebutkan langkah-langkah
menggunakan AutoFormat!
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang berkaitan dengan
mengolah data di dalam software spread sheet (lembar sebar).
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi
Dasar
|
4. Mengoperasikan
software presentasi
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Melakukan langkah-langkah membuka dan menutup software presentasi.
- Menyimpan file presentasi dengan berbagai format antara lain : ppt, pps, html, odp, sxi.
- Melakukan editing sederhana untuk membuat presentasi yang meliputi text, kalimat, numbering, bullet, penyelipan slide, pemasukkan picture, diagram, text box, movie and sound, chart, object.
- Memberikan efek yang menarik pada file presentasi dengan memadukan slide layout, slide design, color animation, animation schemes, costume animation, slide transition.
- Menjelaskan cara mencetak file presentasi dalam bentuk slide/drawing, outline, hand out, notes.
- Melakukan presentasi dengan menggunakan LCD.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Aplikasi Software Presentasi :
- Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software presentasi
- Membuat, membuka, menyimpan file presentasi.
- Pengolahan file presentasi
- Pencetakan file presentasi
- Persiapan Presentasi
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan fungsi software presentasi.
- Menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup software presentasi dengan benar.
- Mengoperasikan berbagai software pengolah kata dengan cermat misalnya : Microsoft Power Point (Microsoft Office), Presentation (Star Office), Impress (Open Office).
- Menyimpan file presentasi dengan berbagai format antara lain : ppt, pps, html, odp, sxi.
- Melakukan editing sederhana untuk membuat presentasi yang meliputi text, kalimat, numbering, bullet, penyelipan slide, pemasukkan picture, diagram, text box, movie and sound, chart, object.
- Memberikan efek yang menarik pada file presentasi dengan memadukan slide layout, slide design, color animation, animation schemes, costume animation, slide transition.
- Memberikan header and footer pada slide presentasi.
- Menjelaskan cara mencetak file presentasi dalam bentuk slide/drawing, outline, hand out, notes.
- Mencetak file presentasi dengan memperhatikan pengaturan slide/drawing, outline, hand out, notes dengan meng-Setting color, grayscale, black and white serta menyertakan page name, date, time.
- Melakukan presentasi dengan menggunakan LCD.
- Mengoperasikan navigasi pada slide presentasi.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Panduan Pengoperasian presentasi
- Internet
- Personal Komputer
- Software Aplikasi Presentasi
- Menu Help
- LCD Proyektor
- Printer
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Apa manfaat dari
software presentasi?
2.
Sebutkan
langkah-langkah menggunakan Animation Scheme!
3.
Sebutkan
langkah-langkah menggunakan background picture!
4.
Sebutkan 4 nama
animasi yang kalian ketahui!
5.
Bagaimana cara
memindah urutan slide?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan mengelola tampilan slide presentasi.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
SISTEM OPERASI SOFTWARE
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Mengoperasikan
software aplikasi basis data
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Membuat, membuka, menyimpan, dan menutup software basis data.
- Menjelaskan pengertian data base, tabel, field, record, primary key.
- Membuat dan menyimpan tabel yang terdiri dari beberapa field dan menjadikan salah satu field nya menjadi primary key.
- Memasukkan, menambah, mengubah, menghapus record.
- Menampilkan data atau file basis data dengan user interface.
- Mencetak file basis data.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Aplikasi Software Pengolahan Basis Data :
- Pengenalan software apilkasi dan menu-menu software basis data
- Membuat, membuka, menyimpan file basis data.
- Pengolahan file basis data.
- Pencetakan file basis data
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan fungsi software basis data.
- Menjelaskan proses membuat, membuka, menyimpan, dan menutup software basis data.
- Mengoperasikan berbagai program aplikasi basis data.
- Menjelaskan pengertian data base, tabel, field, record, primary key.
- Mengoperasikan software aplikasi basis data untuk membuat dan menyimpan tabel yang terdiri dari beberapa field dan menjadikan salah satu field nya menjadi primary key.
- Mengoperasikan software basis data untuk memasukkan, menambah, mengubah, menghapus record dengan teiliti.
- Menampilkan data atau file basis data dengan user interface.
- Mencetak file basis data.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Panduan Pengoperasian software basis data
- Internet
- Personal Komputer
- Software Aplikasi basis data
- Menu Help
- Printer
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Apa yang dimaksud
dengan Primary Key?
2.
Sebutkan
langkah-langkah menentukan Primary Key!
3.
Sebutkan
langkah-langkah membuat record baru!
4.
Sebutkan 5 Data Type
di MS Access!
5.
Sebutkan
langkah-langkah menghapus satu atau beberapa record!
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan mengelola data base.
|
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.003.01
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 40 Jam x
45 menit
Standar
Kompetensi
|
MENGOLAH
DATA APLIKASI
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Melakukan
entry data aplikasi dengan keyboard
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Memasukan data pada suatu aplikasi basis data dengan menggunakan keyboard.
- Melakukan entry data pada sutau aplikasi basis data.
- Mencetak hasil entry data pada suatu aplikasi basis data.
- Membuat laporan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengenalan keyboard :
- Macam-macam keyboard
- Struktur dan fungsi tombol keyboard
- Entry data aplikasi dengan keyboard:
- Prosedur operasi pemasukan data dengan menggunakan keyboard
- Entry data pada suatu aplkasi basis data
- Pengecekan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data
- Pencetakan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Membedakan macam-macam keyboard.
- Mengidentifikasi struktur dan fungsi tombol keyboard.
- Menjelaskan prosedur operasi pemasukan data pada suatu aplikasi basisdata dengan menggunakan keyboard sesuai SOP.
- Melakukan entry data pada sutau aplikasi basis data dengan cermat.
- Mengecek hasil entry data pada suatu aplikasi basis data dengan teliti.
- Mencetak hasil entry data pada suatu aplikasi basis data.
- Membuat laporan hasil entry data pada suatu aplikasi basis data.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Printer
- Software aplikasi Basis Data
- User manual software basis data
- Modul KKPI Dikemnjur 2005
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Sebutkan 4 jenis keyboard secara fisik!
2.
Sebutkan beberapa perbedaan layout keyboard
DVORAK dan QWERTY!
3.
Sebutkan
langkah-langkah proses pembetulan bila terjadi kesalahan entry data pada data
base!
4.
Apa yang dimaksud
dengan query?
5.
Sebutkan langkah-langkah
mencetak hasil entry data di MS Access!
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang berkaitan dengan
mengelola entry data base dengan keyboard.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOLAH
DATA APLIKASI
|
Kompetensi
Dasar
|
2. Melakukan update data dengan
utilitas aplikasi
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Melakukan langkah-langkah operasional proses update data pada suatu aplikasi basis data.
- Melakukan pemilihan data, field, atau record pada suatu aplikasi basis data.
- Melakukan pengecekan hasil update data pada suatu aplikasi basis data.
- Mencetak hasil update data pada suatu aplikasi basis data.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Update data pada Aplikasi Basis Data :
- Langkah-langkah operasional proses update data pada suatu aplikasi basis data
- Pemilihan data, field atau record pada suatu aplikasi basis data
- Update data pada suatu aplikasi basis data
- Pengecekan hasil update data pada suatu aplikasi basis data
- Pencetakan hasil update data pada suatu aplikasi basis data
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan langkah-langkah operasional proses update data pada suatu aplikasi basis data.
- Melakukan pemilihan data, field, atau record pada suatu aplikasi basis data.
- Melakukan update data pada suatu aplikasi basis data dengan cermat.
- Melakukan pengecekan hasil update data pada suatu aplikasi basis data dengan teliti.
- Mencetak hasil update data pada suatu aplikasi basis data sesuai dengan permintaan/ kebutuhan.
- Membuat laporan hasil update data pada suatu aplikasi basis data.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Printer
- Software aplikasi Basis Data
- Software Utility
- User manual software Basis Data
- Modul KKPI Dikmenjur 2005
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Mengapa sebuah database perlu dilakukan
update data?
2.
Sebutkan beberapa utilitas update data!
3.
Sebutkan beberapa pesan kesalahan bila
terjadi kesalahan pada proses update data!
4.
Apa yang dimaksud dengan field, record, dan
table?
5.
Sebutkan
langkah-langkah membuat report pada MS Access!
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan mengupdate data base.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOLAH
DATA APLIKASI
|
Kompetensi
Dasar
|
3. Melakukan delete data dengan
utilitas aplikasi
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Melakukan penghapusan record dengan utilitas aplikasi.
- Melakukan penghapusan field dengan utilitas aplikasi.
- Melakukan penghapusan tabel dengan utilitas aplikasi.
- Melakukan pengecekan hasil delete data pada suatu aplikasi basis data.
- Mencetak hasil delete data.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Delete Data pada Aplikasi Basis Data:
- Prosedur penghapusan data
- Cara penghapusan record dengan utilitas aplikasi
- Cara penghapusan field dengan utilitas aplikasi
- Cara penghapusan tabel dengan utilitas aplikasi
- Pengecekan hasil delete data
- Pencetakan hasil delete data
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan prosedur penghapusan data.
- Menjelaskan macam-macam cara penghapusan record dengan utilitas aplikasi.
- Melakukan macam-macam cara penghapusan record menggunakan uitillitas aplikasi dengan cermat.
- Menjelaskan macam-macam cara penghapusan field dengan utilitas aplikasi.
- Melakukan macam-macam cara penghapusan field menggunakan utilitas aplikasi dengan cermat.
- Menjelaskan macam-macam cara penghapusan tabel dengan utilitas aplikasi.
- Melakukan macam-macam cara penghapusan tabel menggunakan utilitas aplikasi dengan cermat.
- Melakukan pengecekan hasil delete data pada suatu aplikasi basis data dengan teliti.
- Mencetak hasil delete data.
- Membuat laporan hasil delete.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Printer
- Software aplikasi Basis Data
- Software Utiliy
- Modul KKPI Dikmenjur 2005
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Mengapa sebuah data
base perlu dihapus?
2.
Sebutkan cara-cara
menghapus record!
3.
Sebutkan cara-cara
menghapus field!
4.
Sebutkan cara-cara
menghapus tabel!
5.
Sebutkan cara-cara
membuat laporan hasil penghapusan!
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan menghapus data base.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOLAH
DATA APLIKASI
|
Kompetensi
Dasar
|
4. Melakukan entry data dengan image scanner
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Melakukan Scanning gambar dengan menggunakan image scanner.
- Melakukan manipulasi obyek gambar dengan aplikasi pengolah image.
- Menyimpanan hasil/image dengan format khusus.
- Melakukan pencetakan hasil/image.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Entry Data dengan Image Scanner :
- Prosedur pengoperasian image scanner
- Scanning gambar dengan menggunakan image scanner
- Aplikasi pengolah image
- Manipulasi obyek gambar dengan aplikasi pengolah image
- Penyimpanan hasil/image dengan format khusus
- Pencetakan hasil/image
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan prosedur pengoperasian image scanner.
- Melakukan Scanning gambar dengan menggunakan image scanner sesuai dengan SOP.
- Menjelaskan pengolahan image dengan aplikasi pengolah image.
- Melakukan manipulasi obyek gambar dengan aplikasi pengolah image sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja.
- Menyimpanan hasil/image dengan format khusus sesuai dengan prosedur dan instruksi kerja.
- Melakukan pencetakan hasil/image.
- Membuat laporan hasil.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Scanner
- Printer
- Software aplikasi pengolah image
- Modul KKPI Dikmenjur 2005
- SOP Scanner
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Sebutkan 4 software aplikasi yang bisa
digunakan untuk mengelola image (gambar)!
2.
Sebutkan beberapa file output setelah
gambar (image) discan (dipindai)!
3.
Apa yang dimaksud
dengan cropping?
4.
Sebutkan langkah-langkah
menyisipkan gambar yang telah discan (dipindai) ke dalam sebuah dokumen!
5.
Apakah kepanjangan
dari JPEG, GIF, dan BMP?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan memanipulasi image (gambar).
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOLAH
DATA APLIKASI
|
Kompetensi
Dasar
|
5.
Melakukan entry data dengan OCR (Optical Character Recognition)
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Melakukan Scanning obyek dengan menggunakan Scanner yang di-set mode OCR.
- Melakukan pengolahan hasil scanning dengan aplikasi pengolah OCR (misal : Omni Page Pro).
- Melakukan import dan editing text dengan aplikasi pengolah kata.
- Menyimpanan hasil scanning dengan berbagai format.
- Melakukan pencetakan hasil scanning.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Entry Data dengan OCR (Optical Character Recognition) :
- Prosedur pengoperasian OCR
- Scanning dengan menggunakan OCR
- Pengolahan hasil scanning dengan aplikasi pengolah OCR (misal : Omni Page Pro)
- Import dan Editing text dengan aplikasi pengolah kata
- Penyimpanan hasil scanning dengan berbagai format
- Pencetakan hasil scanning
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan prosedur pengoperasian OCR (Optical Character Recognition).
- Melakukan Scanning obyek dengan menggunakan Scanner yang di-set mode OCR sesuai dengan SOP.
- Menjelaskan pengolahan hasil scanning dengan aplikasi pengolah OCR (misal : Omni Page Pro).
- Melakukan import dan editing text dengan aplikasi pengolah kata.
- Menyimpanan hasil scanning dengan berbagai format.
- Melakukan pencetakan hasil scanning.
- Membuat laporan hasil.
E. SUMBER BELAJAR
- Komputer
- Scanner
- Printer
- Software aplikasi pengolah OCR
- Software aplikasi pengolah kata
- Modul KKPI Dikmenjur 2005
- SOP Scanner
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Sebutkan 4 persiapan yang dilakukan sebelum
sebuah naskah teks discan (dipindai)!
2.
Setelah naskah teks discan (dipindai), agar
bisa di-edit naskah harus disimpan sebagai file apa?
3.
Selain naskah teks, naskah jenis apa lagi
yang bisa dipindai (discanning)?
4.
Apa manfaat dari software
Omni Page Pro?
5.
Sebutkan 3 file ouput
dari software Omni Page Pro!
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan OCR (Optical Character Recognition).
|
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.004.01
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 32 Jam x
45 menit
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
PC DALAM JARINGAN
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menginstal software jaringan
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian LAN dan Internet dalam sistem jaringan komputer.
- Melakukan identifikasi komputer (komputer name, TCP/IP).
- Melakukan uji koneksi dengan perintah “ping”.
- Melakukan serching komputer pada jaringan.
- Melakukan install program melalui jaringan komputer.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Instalasi program melalui jaringan komputer:
- Jaringan Komputer (LAN, Internet)
- Perangkat Jaringan
- Network Properties
- Utilitas koneksi
- Searching komputer
- Instalasi program
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan pengertian LAN dan Internet dalam sistem jaringan komputer.
- Menjelaskan perangkat jaringan yang digunakan.
- Memberi identitas komputer (komputer name, TCP/IP).
- Melakukan uji koneksi dengan perintah “ping”.
- Melakukan serching komputer pada jaringan sesuai prosedur.
- Melakukan install program melalui jaringan komputer sesuai dengan prosedur yang berlaku.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Windows
- Internet
- Komputer
- UPS
- Software web browser
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Apa yang dimaksud
dengan LAN, WAN, Intranet dan Internet?
2.
Sebutkan 5 alat yang
digunakan dalam jaringan komputer!
3.
Apa manfaat dari
perintah ’ping’ dan ’ipconfig’?
4.
Sebutkan
langkah-langkah mencari dan menemukan PC yang tersambung dalam jaringan!
5.
Apa yang dimaksud
dengan IP, dan IP addressing?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang
berkaitan dengan instalasi software dalam jaringan.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
PC DALAM JARINGAN
|
Kompetensi
Dasar
|
2. Mengoperasikan jaringan PC dengan sistem operasi
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Melakukan sharing file, printer, hard disk dan CD ROM.
- Melakukan proses copy file dan folder.
- Melakukan pencetakan program dengan memanfaatkan sharing printer.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengoperasian Jaringan Komputer:
- Pengertian dan manfaat sharing device
- Protokol sharing
- Sharing file, printer, Hard disk, CD ROM.
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan pengertian sharing device dan manfaatnya.
- Menjelaskan protokol sharing device yang digunakan.
- Melakukan sharing file, printer, hard disk dan CD ROM dengan benar.
- Menjelaskan dan melakukan proses copy file dan folder sesuai prosedur.
- Menjelaskan dan melakukan pencetakan program dengan memanfaatkan sharing printer sesuai prosedur.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur
- Buku Windows
- Internet
- Komputer
- UPS
- Printer
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Sebutkan
langkah-langkah sharing folder!
2.
Apa manfaat dari
sharing sumber daya PC yang tersambung dalam jaringan?
3.
Sebutkan
langkah-langkah mencopy file dari folder PC lain yang tersambung dalam
jaringan!
4.
Sebutkan beberapa
pesan kesalahan bila sebuah folder tidak bisa diakses!
5.
Apa penyebabnya bila
sebuah folder tidak bisa diakses?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang berkaitan dengan
sharing sumber daya di PC yang tersambung dalam jaringan.
|
|
Mata Pelajaran : KKPI
Kode Kompetensi : KKPI.104.005.01
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 16 Jam x
45 menit
Standar Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
WEB-DESIGN (INTERNET)
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Mengoperasikan Web-Browser
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Melakukan koneski internet melalui saluran telepon dan jaringan komputer.
- Melakukan browsing dengan menuliskan URL, menggunakan menu, hyperlink dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Web-Browser.
- Mencari informasi dan gambar dengan menggunakan mesin pencari.
- Menyimpan hasil browsing pada media penyimpan (hard disk,flash disk, CD).
- Membuka hasil pencarian ke program pengolah kata, presentasi sesuai dengan ektensi file hasil pencarian.
- Mencetak hasil pencarian informasi dan gambar dengan kualitas baik.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengoperasian Web-Browser :
- Internet dan sistem koneksi
- Media koneksi Internet
- Pengenalan Web-Browser
- Sistem Addressing di internet
- Hyperlink
- Pencarian (searching) informasi di Internet
- Penyimpanan file
- Pencetakan
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan pengertian dan manfaat internet.
- Menjelaskan sistem koneksi internet.
- Melakukan koneski internet melalui saluran telepon dan jaringan komputer.
- Menjelaskan jenis Browser dan fitur yang ada.
- Menjelaskan pengetahuan tentang URL dan cara penulisannya di web Browser.
- Melakukan browsing dengan menuliskan URL, menggunakan menu, hyperlink dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Web-Browser secara tepat sesuai kebutuhan.
- Mencari informasi dan gambar dengan menggunakan mesin pencari dengan cepat.
- Menyimpan hasil browsing pada media penyimpan (hard disk,flash disk, CD) sesuai dengan kebutuhan.
- Membuka hasil pencarian ke program pengolah kata, presentasi sesuai dengan ektensi file hasil pencarian.
- Mencetak hasil pencarian informasi dan gambar dengan kualitas baik.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Windows
- Buku Internet
- Komputer
- UPS
- Printer
- Flash disk
- CD ROM
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Sebutkan 4 aplikasi web browser!
2.
Apa yang dimaksud dengan hyperlink, URL,
www, dan email?
3.
Sebutkan 5 alamat URL
mesin pencari (search engine)!
4.
Apa yang dimaksud dengan istilah download?
5.
Setelah kita menemukan sebuah informasi,
agar informasi tersebut dapat dikelola kembali, langkah-langkah apa saja yang
harus dilakukan?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang berkaitan dengan mengoperasikan
web-browser, tip dan trik menggunakan search engine.
|
|
Standar
Kompetensi
|
MENGOPERASIKAN
WEB-DESIGN (INTERNET)
|
Kompetensi
Dasar
|
2. Mengoperasikan software e-mail client
|
Indikator
|
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
- Melakukan prosedur registrasi web-mail dan email client.
- Menggunakan menu yang terdapat dalam program webmail dan e-mail client.
- Membuat e-mail pada webmail dan e-mail client.
- Melakukan instal dan setting e-mail client pada komputer.
- Mengirim, membaca dan menghapus e-mail.
- Mengirim, mambuka, dan menyimpan dan menghapus e-mail degan file attachment pada media penyimpan.
- Melakukan proses pencetakan e-mail, attachment.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Aplikasi E-mail :
- Web-mail dan E-mail Client
- Registrasi e-mail
- Setting SMTP Server, POP Server, IMAP Server
- Fitur E-mail
- Aplikasi E-mail
- Attachment file
- Pencetakan
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Penugasan
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
4. Praktikum di
Lab. Komputer
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan pengertian webmail, e-mail client, dan manfaatnya.
- Menjelaskan prosedur registrasi web-mail dan email client.
- Menjelaskan dan menggunakan menu yang terdapat dalam program webmail dan e-mail client secara tepat.
- Membuat e-mail pada webmail dan e-mail client sesuai prosedur.
- Melakukan instal dan setting e-mail client pada komputer sesuai prosedur.
- Mengirim, membaca dan menghapus e-mail sesuai dengan prosedur.
- Mengirim, mambuka, dan menyimpan dan menghapus e-mail degan file attachment pada media penyimpan secara tepat.
- Menjelaskan dan melakukan proses pencetakan e-mail, attachment sesuai prosedur.
E. SUMBER BELAJAR
- Modul KKPI TIK Dikmenjur 2005
- Buku Panduan Membuat E-mail
- Buku Internet
- Internet
- Komputer
- UPS
- Printer
- Flash disk
- CD ROM
F. PENILAIAN
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Sebutkan 5 manfaat
kita memiliki sebuah alamat e-mail!
2.
Sebutkan 5 alamat URL
yang menyediakan account e-mail secara gratis!
3.
Apa indikator bila
kita menerima email baru?
4.
Kapan kita menggunakan
fiture attachment pada saat mengirim email?
5.
Apa yang kita lakukan
bila kita menerima email yang memiliki attachment?
|
Tes praktik
|
|
|
Tugas-tugas
|
Mencari informasi di internet yang berkaitan dengan mengoperasikan
e-mail client.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar